Tips Menjaga Rambut Agar Indah Dan Sehat

03 Oktober 2009

Wanita tanpa rambut ibarat gurun pasir yang panas, dan tanpa keindahan yang banyak di idamkan laki-laki.

Mdari itu kesehatan rambut harus jaga baik-baik. Jangan sampai rambut menjadi rusak karena sembarangan diberi warna atau kurang merawatnya.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan kerusakan rambut:


1. Pemutihan (Bleaching) bagi rambut - proses pemutihan rambut dengan bahan kimia dapat menembus kulit ari dan menyingkirkan warna alami rambut anda, dengan melakukan hal itu akan mengubah struktur rambut anda, dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

Setelah anda melakukan pemutihan, kekuatan rambut anda pun berubah, menjadi lebih lemah. ditambah lagi anda sering melakukan pengeringan dan styling pada rambut, rambut anda akan benar-benar menjadi rusak dan terlihat kusam, ujung rambut pun jadi bercabang.

2. Pelurusan (Bonding) - bahan kimia pelurusan atau pengeritingan sama saja dengan Bleaching. Rambut tidak akan terbentuk kembali seperti semula, jika tumbuh pun dengan tekstur yang berbeda.

Seperti pemutihan, pelurusan dapat melemahkan rambut anda, membuatnya menjadi kusam dan rusak seiring waktu sehingga rambut bukan terlihat indah melainkan rambut anda terlihat rapuh dan kering.

3. Pewarnaan (Highlights) - bahan pewarna permanen dan pewarna semi-permanen tidak terlalu berakibat buruk seperti pemutihan, tetapi tetap saja ada akibatnya.Melakukan pewarnaan dapat mengubah struktur alami rambut, dan dapat menyebabkan kekeringan pada rambut, apalagi jika anda sering melakukan pewarnaan untuk menyembunyikan uban atau rambut anda.

4. Catok dan pengeringan (Blow dry) - panas menyebabkan perubahan pada tekstur rambut jika sering melakukan pengeringan, selain itu rambut pun akan terlihat kusam.

5. Dikuncir (ikat) dan dikepang - jika di ikat atau dikepang yang terlalu erat juga dapat membuat rambut rusak, jadi anda harus memberikan waktu untuk rambut anda beristirahat.

Jika anda melakukan pengikatan rambut setiap hari, hasilnya akan membuat rambut menjadi rusak secara permanen. Apalagi jika dikepang dalam kondisi rambut basah, dapat menyebabkan kerusakan pada rambut karena rambut basah lebih rapuh daripada rambut kering.

6. Sering disisir - rambut yang sering disisir dapat menyebabkan perpecahan dan berakhir kerusakan, menyisir baiknya dilakukan pelan-pelan dan rambut harus dipegang.

Menggunakan sisir beruas jarang tidak terlalu membantu, apalagi jika rambut susah diatur atau kusut, bisa menyebabkan rambut bercabang dan patah.

7. Sering keramas - tujuan dari keramas adalah membersihkan kulit kepala dan membersihkan minyak pada rambut.

Tetapi, sering dikeramas juga dapat mengurangi kelembaban rambut anda dan membuat rambut menjadi kering.  Walaupun sejumlah besar penelitian telah menjadikan shampo bermanfaat untuk rambut anda, tetapi anda masih bisa mendapatkan hal yang baik.

Mencuci rambut dengan lembut akan membuat sedikit kerusakan yang terjadi pada kulit. Frekuensi mencuci rambut baiknya 1 atau 2 kali seminggu.

8. Hair Ekstensi (penyambungan) dan menyasak (sanggul) - sama seperti diikat atau dikepang, melakukan hal tersebut dapat membuat rambut rusak dan rapuh. Perbedaannya terletak pada kerusakan pada akar di mana ia lebih sulit untuk dipotong.

Jika anda merasakan sakit di kepala, hal ini menunjukkan rambut anda terlalu banyak tekanan pada akar.

Parahnya lagi, jika memakai rambut sambungan atau menyanggul terlalu lama akan mengakibatkan rambut rontok dan menjadi botak. Jadi biarkan rambut anda tumbuh alami.(Aya)

http://berita8.com

0 comments:

pendapat Anda tentang blog ini ??